Ide awal mendirikan suatu klub otomotif BMW bermula dari forum diskusi diantara para pemilik, pengguna dan penggemar mobil BMW di http://www.bmw.astra.co.id. dan mailing list http://groups.yahoo.com/group/bmw_club/, http://groups.yahoo.com/group/bmwindo/, http://groups.yahoo.com/group/bmw-Indonesia/ . Disela-sela diskusi mengenai permasalahan mobil BMW dan solusinya, tersirat suatu keinginan dari pemilik, pengguna dan penggemar mobil BMW untuk membuat suatu klub mobil BMW yang lebih terorganisasi.

Untuk merealisasikan keinginan tersebut, pemilik, pengguna dan penggemar mobil BMW dan dibantu oleh pihak BMW Astra, mengadakan pertemuan untuk pertama kalinya pada hari Sabtu tanggal 3 Mei 2003 di Senayan. Pada pertemuan tersebut masing-masing pemilik, pengguna dan penggemar mobil BMW memiliki inisiatif dan mencoba memberikan masukkan tentang nama klub otomotif yang akan dibentuk, rencana program kerja dan manfaat klub tersebut bagi anggotanya.

Peserta yang hadir pada pertemuan pertama di atas sepakat membentuk suatu tim yang selanjutnya bertugas merealisasikan masukan-masukan dari peserta rapat. Disepakati tim akan membawa hasil kerja untuk didiskusikan dan dipresentasika kepada pada calon anggota klub BMW pada pertemuan berikutnya pada hari Sabtu, tanggal 24 Mei 2003 yang bertempat di BMW Astra di Jalan Proklamasi. Berdasarkan hasil diskusi-diskusi yang intensif melalui media internet dan pertemuan-pertemuan lainnya serta masukkan dari penggemar mobil BMW, tim yang dibentuk berhasil menciptakan nama klub mobil BMW dan rancangan Anggaran Dasar dari klub yang terbentuk.

Pada awalnya calon anggota klub BWM mengusulkan nama klub BMW adalah BMW Club of Indonesia. Akan tetapi mengingat nama klub tersebut sebelumnya sudah ada, yaitu klub khusus sepeda motor BMW, akhirnya disepakati nama klub diubah menjadi BMW Car Club of Indonesia (selanjutnya disebut BMWCCI). Penamaan dari club tersebut disesuaikan dengan format nama club sejenis di berbagai Negara lainnya. Pada pertemuan di BMW Astra di Jalan Proklamasi, anggota BMWCCI sepakat setuju rancangan Anggaran Dasar BMWCCI dan nama dari klub. Dengan demikian BMWCCI telah lahir pada tanggal 24 Mei 2003 dengan jumlah anggota awal sebanyak 23 orang. Keanggota BMWCCI sangat bervariasi baik dari jenis, tipe kendaraan BMW, dari tahun pembuatan 1969 hingga 2003. Demikian juga latar belakang pekerjaan dan umur para anggota BMWCCI. Hal ini sesuai dengan sifat BMWCCI yang bersifat terbuka dan bebas.

Sumber Berita :
BMW Car Club of Indonesia